Rabu, 11 Juni 2014

ADB Desak Pemerintah Naikkan Subsidi Pendidikan



 NaraSumber Komunitas News Edisi 07 April – 24 April 2014

Deputy Country Director Asian Development (ADB) Edimon Ginting, menyrankan pemerintah menaikkan subsidi pendidikan. Sebab dampaknya akan meningkatkan kualitas penduduk. Reformasi structural salah satunya dengan cara penghapusan subsidi bahan akar secara bertahap. Dengan menghapuskan subsidi BBM dan mengalihkan subsidi tersebut untuk memperbaiki produktivitas.
Produktivitas Indonesia cenderung asih rendah, hal ini dapat diperbaiki dengan memberikan edukasi atau skill labour, yaitu dengan menggunakan dana subsidi BBM. Sistem ini dinilai lebih bermanfaat dibandingkan dengan memberikan subsidi BBM yang tidak pernah tepat sasaran.
Hal ini membutuhkan proses, namun masyarakat akan dapat menerima. Kita lebih membutuhkan spending untuk produktivitas, dengan begitu dapat membuat subsidi kita tidak membengkak. Hal ini juga dapat membantu kondidi fiskal menjadi lebih baik.
Anggaran yang dilontarkan untuk memberikan subsidi BBM saat ini telah mencapai Rp.210 triliun, dan diperkirakan akan terjadi pembengkakan hingga mencapai Rp.270 triliun. Sehingga dibutuhkan pengkajian lebih jauh lagi. Dana tersebut bukankah lebih baik untuk digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Indonesia. Sehingga Indonesia memiliki generasi yang lebih baik lagi untuk membangun NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar