Rabu, 28 Mei 2014

Indonesia Belum Siap Hadapi Pasar Bebas

NaraSumber Komunitas News Edisi 17 Maret – 01 April 2014

Menurut Rieke Diah Pitaloka (politikus PDIP) hingga saat ini Indonesia belum memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi ppasar bebas. Terutama dalam kategori Tenaga Kerja, jika tenaga kerja dari seluruh Negara ASEAN memasuki Indonesia, maka tenaga kerja Indonesia akan terlibas dengan tenaga kerja dari negara sahabat. Bila hal ini terjadi, maka akan menghancurkan Negara sendiri. Pasar bebas ASEAN akan dimulai tahun 2015 medatang. Momen ini akan menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah dalam mempersiapkan Tenaga Kerja Indonesia.
Dalam menghadapi Pasar Bebas, pemerintah perlu meningkatkan proteksi prooduk dalam negeri khususnya menyiapkan Tenaga Kerja Indonesia. Hal ini harus dialakukan agar Indonesia tidak hanya menjadi ‘budak’ Negara ASEAN saja. Negara – Negara mayoritas di ASEAN sudah mempersiapkan Tenaga Kerja mereka. Secara global pasar bebas akan menghilangkan sekat aturan – aturan yang memberatkan terjadinya lalu lintas modal, jasa, dan barang serta berdampak juga kepada keluar masuk secara bebas tenaga kerja asing.
Pasar Bebas tersebut dikemas untuk menyelamatkan perekonomian bangsa.namun yang menjadi fokus kita adalah bagaimana menyelamatkan Negara dan rakyat kita, yang pastinya dilakukan juga oleh Negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar